RSS

Asian Kung-Fu Generation

08 Nov

Asian Kung-Fu Generation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Asian Kung-Fu Generation
Nama lain Ajikan, AKG, AKFG
Asal Bendera Jepang Prefektur Kanagawa, Jepang
Genre rock
Tahun aktif 1996-sekarang
Label Under Flower Records (2002), Ki/oon Records
Situs resmi www.asiankung-fu.com
Anggota
Masafumi Gotō
Kensuke Kita
Takahiro Yamada
Kiyoshi Ijichi

Asian Kung-Fu Generation (アジアン・カンフー・ジェネレーション Ajian Kanfū Jenerēshon?) adalah grup musik rock asal Jepang yang terdiri dari 4 orang anggota. Penggemar menyingkat nama grup ini sebagai Ajikan. Mereka berada di bawah perusahaan rekaman Ki/oon Records. Musik yang dimainkan mereka disebut rock genre Shimokita Kei yang berawal dari rumah pertunjukan di kawasan Shimokitazawa, Tokyo. Grup ini populer di luar Jepang berkat sejumlah lagunya dijadikan lagu anime Naruto dan Bleach. Album mereka juga dirilis di Taiwan dan Amerika Serikat.

Daftar isi

Anggota

  • Masafumi Gotō (後藤正文 Gotō Masafumi?) (vokal, gitar, pencipta lagu)
Tempat tanggal lahir: Shimada, Shizuoka, Prefektur Shizuoka, 2 Desember 1976.
Nama panggilan: Gotchi; status: menikah[1]
Pendidikan: Lulus Fakultas Ekonomi (ekstension) Universitas Kanto Gakuin
  • Kensuke Kita (喜多建介 Kita Kensuke?) (gitar, vokal, pemimpin)
Tempat tanggal lahir: Yokohama, 24 Januari 1977
Nama panggilan: Kitaken, Ken-chan, Kensui
Pendidikan: Lulus Fakultas Ekonomi Universitas Kanto Gakuin
  • Takahiro Yamada (山田貴洋 Yamada Takahiro?) (bass, vokal)
Tempat tanggal lahir: Fujinomiya, Prefektur Shizuoka, 19 Agustus 1977
Nama panggilan: Yama-chan, Yama-san
Pendidikan: Lulus Fakultas Sastra Universitas Kanto Gakuin
  • Kiyoshi Ijichi (伊地知潔 Ijichi Kiyoshi?) (drum)
Tempat tanggal lahir: Kamakura, Prefektur Kanagawa, 19 Agustus 1977
Nama panggilan: Kiyoshi, Kiyopon, Ijichi no Oyakata, Pīkan sensei
Pendidikan: Lulus Fakultas Teknik Universitas Kanto Gakuin

Perjalanan karier

Masa awal hingga Shimokitazawa

Grup musik ini dibentuk tahun 1996[2] sewaktu anggotanya masih bergabung dengan klub musik di kampus Universitas Kanto Gakuin, Yokohama. Sebagai Asian Kung-Fu Generation, mereka sering pentas di rumah pertunjukan di Yokohama.

Nama Asian Kung-Fu Generation adalah hasil buah pemikiran Masafumi Gotō. Ketika sedang menganggur karena tidak diterima ujian masuk universitas, Gotō berniat mendirikan band. Ketika melihat film Bruce Lee, ia mendapat ide untuk memasukkan kata “Kungfu” ke dalam nama grup musik yang akan dibentuknya. Ia juga ingin nama bandnya terdiri dari 3 kata dari bahasa Inggris seperti halnya nama grup thee michelle gun elephant yang dianggapnya bagus.[3]

Setelah lulus kuliah, mereka meneruskan karier bermusik sambil semua anggotanya bekerja sebagai pegawai. Dengan uang sendiri, mereka merekam album The Time Past and I Couldn’t See You Again pada tahun 2000. Lirik dari keenam lagu yang ada di dalamnya semua dalam bahasa Inggris. Album tersebut mereka jual sambil berpentas di rumah pertunjukan, dan lewat situs web.

Pada tahun 2001, mereka menyelenggarakan acara bernama “YMD” Bayside Future di klub Club 24, Yokohama. Sementara itu, mereka juga menulis lagu pertama dengan lirik bahasa Jepang. Setelah selesai, lagu tersebut diberi judul Konayuki, dan rekamannya dikirim ke sejumlah radio FM yang memiliki acara lagu indie. Pada akhirnya, lagu Asian Kung-Fu Generation untuk pertama kalinya berhasil diputar di radio. Pada waktu itu, stasiun radio FM yang mau memutarnya adalah FM Yokohama. Masih pada tahun yang sama, mereka merekam lagu-lagu berlirik bahasa Jepang, dan dikemas album indie kedua berjudul I’m Standing Here. Seperti halnya album pertama, biaya rekaman album ini pun semuanya ditanggung mereka. Pertunjukan mereka di rumah pertunjukan (live house) di Yokohama semakin ramai dengan penonton. Sejak itu pula mereka mulai berpentas di berbagai rumah pertunjukan di distrik Shibuya, Shimokitazawa, dan Kichijōji[2], Tokyo.

Album Hōkai Amplifier hingga Sol-fa

Pada bulan November 2002, mereka merilis album mini Hōkai Amplifier di bawah label Under Flower Records. Album mini tersebut masuk ke tangga album indie Oricon di urutan ke-35.[4]Tahun berikutnya(2003), album Hōkai Amplifier dirilis kembali dengan label mayor Ki/oon Records[2]. Salah satu lagu dalam album mini tersebut, “Haruka Kanata” dijadikan lagu pembuka serial anime Naruto.

Pada bulan Mei 2003, mereka mengadakan konser di Shimokitazawa Club Shelter, Tokyo. Selain itu, mereka juga tampil dalam Fuji Rock Festival, dan Summer Sonic ’03 Tokyo-Osaka. Selanjutnya, mereka menyelenggarakan konser musik rock Nano-Mugen Fes. di live house Shinjuku Loft, Tokyo, 11 Agustus 2003. Di akhir tahun, album berdurasi penuh yang pertama, Kimi Tsunagi Five M dirilis 19 November 2003, dan langsung menempati urutan ke-5 tangga album Oricon.[5]

Dari 19 Januari 19 hingga 25 Februari 2004, mereka mengadakan tur keliling pertama “Five Nano Seconds” yang terdiri dari 13 pertunjukan.[4] Singel ke-3, “Rewrite” yang dirilis 8 Agustus 2004 dipakai sebagai lagu pembuka anime Fullmetal Alchemist. Sesudah itu, singel “Siren” yang dirilis April 2004, dan singel “Rewrite” (Agustus 2004) masing-masing menduduki urutan nomor 2 dan 4 tangga singel Oricon.[2] Nama mereka semakin dikenal setelah tampil dalam 10 festival rock musim panas di berbagai daerah di Jepang, termasuk “Meet The World Beat, Fuji Rock Festival ’04, dan Rock in Japan Fes ’04.[4] Album kedua, Sol-fa dirilis 20 Oktober 2004, dan begitu dirilis masuk di urutan pertama tangga album Oricon selama 2 minggu berturut-turut.[5]

Fanclub dan Feedback File (tahun 2005–2007)

Pada musim panas 2005, mereka tampil kembali dalam konser Summer Sonic ’05 (Tokyo & Osaka), Rock in Japan Fes. 05, dan Rising Sun Rock Fes. 2005. Singel ke-8, “World Apart” yang dirilis 15 Februari 2006 menjadi singel pertama mereka di urutan nomor satu tangga singel Oricon. Bulan berikutnya, mereka merilis album ke-3, Fanclub pada 15 Maret 2006. Dalam Fuji Rock Festival musim panas 2006, mereka untuk pertama kalinya tampil di atas Green Stage, panggung utama yang dikhususkan bagi grup musik ternama. Singel ke-9, ““Aru Machi no Gunjō”“ (29 November 2006) dijadikan lagu tema untuk film anime layar lebar Tekkon Kinkreet, sekaligus lagu pertama mereka yang dijadikan lagu tema film.

Dari November 2006 hingga 11 Januari 2007, mereka tampil dalam tur keliling di arena terbuka yang pertama, “Tour Sui Cup 2006-2007 ~The start of a new season~” yang diperkirakan ditonton sebanyak 100 ribu penggemar.[4] Kesibukan mereka sebagai band menyebabkan festival rock Nano-Mugen Fes. tahun 2007 tidak bisa diselenggarakan. Sebelumnya, Asian Kung-Fu Generation terus mengadakan Nano-Mugen Fes. yang menampilkan grup-grup rock Jepang dan luar negeri sejak tahun 2003.

Pada 21 Maret 2007, mereka merilis album konser DVD yang ke-3, Eizō Sakuhinshū 3-kan ~Tour Sui Cup 2006-2007 the start of a new season~. Album DVD tersebut merupakan rekaman dari konser mereka yang diberi nama “Tour Sui Cup 2006-2007”. Pada hari yang sama juga dirilis album tribut untuk grup rock Husking Bee. Dalam album yang juga berjudul Husking Bee terdapat lagu Asian Kung-Fu Generation berjudul “Kake Botan no Hama”.

Untuk memperingati hari ulang tahun mereka yang ke – 10, Asian Kung-Fu Generation merilis album kompilasi pertama mereka, Feedback File pada 25 Oktober 2006. Pada album-album yang sebelumnya, mereka selalu menyisipkan single-single yang telah mereka rilis. Namun untuk album bertajuk nostalgia ini, mereka lebih memilih lagu sisi b, konser secara langsung, dan demo terdahulu dari indie-indie awal. Meskipun jarang ada hal-hal yang baru dalam album ini, terutama pada lagu-lagunya, kesuksesan penjualan dan posisi pada tangga album masih tetap meraih nomor 2.

World World World (tahun 2007–2008)

Pada musim semi tahun 2007 terbit buku biografi kedua mereka yang berjudul Haruka, Haruka. Selanjutnya, Pentaport Rock Festival 2007 yang berlangsung 29 Juli di Korea Selatan menjadi pengalaman pertama mereka pentas di luar Jepang. Pada akhir tahun 2007, singel ke-10, “After Dark” dipakai lagu pembuka serial anime Bleach.

Sementara sedang tampil pada detik-detik Tahun Baru Jepang, Ajikan kembali untuk menghabiskan beberapa bulan berikutnya kemudian menyusul persiapan rilis album studio mereka yang kelima. Kemudian pada Februari 2008, Ajikan merilis singel terakhir untuk album World World World, yang berjudul “Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu“. Bersamaan dengan hal tersebut, beberapa bulan kemudian mereka merilis album mini yang ke-dua, Mada Minu Ashita ni pada 11 Juni 2008. Meskipun tidak ada singel yang disisipkan dalam album ini, lagu yang berjudul Mustang telah meraih posisi 15 pada Japan Hot 100.

Surf Bungaku Kamakura (tahun 2008–2009)

Ajikan dan salah satu band rock alternatif Amerika yaitu Third Eye Blind, tampil sebagai pendukung di salah satu pertunjukan yang diadakan di Yokohama Bay Hall. Mereka berduet dengan menggunakan alat yang dipegang masing-masing. Kebetulan, Third Eye Blind adalah salah satu band yang tampil di Nano-Mugen Festival yang diadakan di Yokohama Arena setiap tahun.

Tahun 2008 merupakan tahun yang sibuk bagi mereka. Selain merilis tiga album buatan sendiri, mereka juga merilis album kompilasi Nano-Mugen yang ketiga yang berjudul Nano-Mugen Compilation 2008. Album ini meraih posisi 18 di tangga album. Sedangkan lagu “Natsusemi” milik Ajikan meraih posisi 36 pada Japan Hot 100 meskipun bukan berstatus sebagai singel.

Pada akhir tahun 2008, mereka merilis singel “Fujisawa Loser” dari album Surf Bungaku Kamakura. Singel ini berhasil meraih posisi 6 pada tangga lagu dan posisi 5 pada Japan Hot 100. Sedangkan Surf Bungaku Kamakura meraih posisi 2 pada tangga album. Pada bulan September, Ajikan tampil di Weezer Festival yang berhubungan dengan anggota grup musik Jepang Going Under Ground.

Turing (2009 – Sekarang)

Setelah sibuk pada tahun 2008, band ini menghabiskan waktu tur dan menulis materi baru. Pada bulan Maret 2009, mereka merilis DVD kelima, Eizo Sakuhinshū Vol. 5, yang menampilkan koleksi Live Video dari berbagai event dan acara pada tahun 2008. Pada bulan Juli 2009, Ajikan bermain secara Live di “Jisan Valley Rock Festival” di Negara Korea bersama dengan Weezer, Jimmy Eat World, Oasis, dan banyak band terkenal lainnya. Ini merupakan ketiga kalinya Ajikan bermain secara live di Korea Selatan. Pada bulan yang sama mereka kembali mengadakan acara tahunan, Nano-Mugen Festival. Juga disertai perilisan album kompilasi yang ke-empat, Nano-Mugen Compilation 2009, yang menampilkan lagu Yoru no Call dan Trek dari 16 band lainnya yang ikut ambil bagian dalam festival ini.

Band ini merilis single ke-13 mereka Shinseiki no Love Song pada tanggal 2 Desember 2009, yang menampilkan DVD dari berbagai penampilan mereka pada awal tahun di Jisan Festival Rock Valley . Dan pada saat yang sama, band ini mengumumkan bahwa pada akhir Maret 2010, mereka akan merilis single terbaru yang berjudul Solanin, yang akan digunakan sebagai lagu tema untuk film dengan nama yang sama. Single ini menampilkan remix dari “Mustang” dari Mada Minu Ashita ni, yang merupakan versi studio dari versi yang dimainkan pada Eizo Sakuhinshū Vol. 6, yang digunakan sebagai tema dari ending film ini.

Diskografi

Singel

  1. Mirai no Kakera” (6 Agustus 2003)
  2. Kimi to Iu Hana” (16 Oktober 2003)
  3. Siren” (14 April 2004)
  4. Loop & Loop” (19 April 2004)
  5. Rewrite” (8 Agustus 2004)
  6. Kimi no Machi Made” (23 September 2004)
  7. Blue Train (30 November 2005)
  8. World Apart” (15 Februari 2006)
  9. Aru Machi no Gunjō” (“A Town in Blue”) (29 November 2006)
  10. After Dark” (7 November 2007)
  11. Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu” (6 Februari 2008)
  12. Fujisawa Loser” (15 Oktober 2008)
  13. Shinseiki no Love Song” (2 Desember 2009)
  14. Solanin” (31 Maret 2010)
  15. Maigoinu to Ame no Beat” (26 Mei 2010)
  16. Marching Band” (30 November 2011)

Album

Album mini

Album studio

  1. Kimi Tsunagi Five M (19 November 2003)
  2. Sol-fa (20 Oktober 2004)
  3. Fanclub (15 Maret 2006)
  4. World World World (5 Maret 2008)
  5. Surf Bungaku Kamakura (5 November 2008)
  6. Magic Disk (Juni 2010)

Album kompilasi

DVD

  • Eizō Sakuhin-shū Ikkan (26 November 2004) – kumpulan klip video
  • Eizō Sakuhinshū Nikan live at Budokan+ (20 April 2005)
  • Eizō Sakuhinshū Sankan ~Tour Sui Cup 2006-2007 the start of a new season~ (21 Maret2007)
  • Eizō Sakuhinshū Yonkan (26 Maret 2008)
  • Eizō Sakuhinshū Gokan ~live archives 2008~ (25 Maret 2009)

Album bersama artis lain

Buku dan lain-lain

Album buatan sendiri

  • Caramelman and Asian Kung-Fu Generation
    • Caramelman to no Spirit Album.
  1. S.E. (Sexy Eddy)/Caramelman
  2. There is no Hope/Asian Kung-Fu Generation
  3. Love/Caramelman
  4. Song of Blue (Aoi no Uta)/Asian Kung-Fu Generation
  5. Baby Sleep Tonight/Caramelman
  • I’m standing here
  1. Hold me tight
  2. Need your love
  3. Konayuki
  4. Unmei
  5. I’m standing here
  6. E
  • The Time Past and I Couldn’t See You Again
  1. I Wonder if everybody can sing there scream
  2. Nothing is the matter?
  3. Living dead
  4. Wash out
  5. Say no!
  6. My friend

Referensi

  1. ^Ajikan Gotō ga ippan josei to kekkon “, (nikkansports.com), 22 September 2007. Diakses pada 13 Desember.
  2. ^ a b c d “Asian Kung-Fu Generation”. Oricon Style. Diakses pada 13 Desember.
  3. ^ “Asian Kung-Fu Generation Interview”. excite.music. Diakses pada 13 Desember.
  4. ^ a b c d “Biography”. Sony Music Online Japan. Diakses pada 13 Desember.
  5. ^ a b “Asian Kung-Fu Generation: Special Interview”. Oricon Style. Diakses pada 13 Desember.

Pranala luar

[sembunyikan]l • b • sAsian Kung-Fu Generation
Album studio
EP
Singel
Mirai no Kakera” • “Kimi to Iu Hana” • “Siren” • “Loop & Loop” • “Rewrite” • “Kimi no Machi Made” • “Blue Train” • “World Apart” • “Aru Machi no Gunjō” • “After Dark” • “Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu” • “Fujisawa Loser” • “Shinseiki no Love Song
Kompilasi
Video
Artikel terkait
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 8, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: