RSS

Berbagi arti nama + karakter dalam dunia naruto

29 Des
Uzumaki Naruto うずまきナルト:
Uzumaki berarti “Whirpool” (渦巻). Naruto berarti “Mealstrom” (鳴戸). Naruto juga bisa berarti fish-paste cake, irisan pengias untuk sup (鳴門) dan sebuah kota serta sebuah selat di Jepang, yang terkenal pusarannya and the Dainaruto hashi (大鳴門橋), “Great Naruto bridge”. Naruto juga berarti nama Jepang dari tanda @.

Uchiha Sasuke うちはサスケ:
Sasuke berati “Help assistance” (佐助, 佐輔) dan juga diambil dari nama ninja legendaris, Sarutobi Sasuke (猿飛佐助) yang dikatakan sebagai yatim piatu dan dibesarkan oleh sekelompok monyet, sehingga memilik kemampuan seperti monyet. Kanji kedua dari 佐輔 punya kemiripan yang kuat dengan 輪, kanji kedua dari Sharingan.

Uchiha
Berasal dari kata Uchiwa yang berarti “Fan” (団扇). Uchiwa bisa juga berarti “Private matter” atau “Family circle” (内輪), mengacu kepada kesatuan klan Uchiha. Kanji kedua dari 2 kanji terkahir, 輪, berarti “Wheel” dan kanji kedua di Sharingan. Ichizoku berarti “Family” atau “Household”. Ini biasa diartikan sebagai “Clan”, dan ini digunakan di Naruto untuk membedakan ‘the noble clans’ (the Ichizoku, e.g. the Hyuuga and the Uchiha) dari keluarga biasa (sebutan Ke (家), e.g. the Inuzuka and the Nara).

Haruno Sakura 春野サクラ:
Haruno berarti “Spring field”. Sakura (桜) berarti “Cherry blossom” atau “Cherry tree”, yang mengacu pada warna rambutnya. Sakura juga bisa dituliskan dengan 沙久羅. Di nama ini, Sa (沙) berarti “Sand”, Ku (久) berarti “Long time” dan Ra (羅), sama dengan Ra di Gaara dan Karura, berasal dari Ashura (阿修羅) “Fighting demon”. Hal ini dapat diartikan sebagai “the Sand’s long time demon”.

Hokage 火影: “Fire shadow”
Shodai Hokage 初代火影: Shodai berarti “Founder” atau “First generation”.
Nidaime Hokage 二代目火影: Nidaime berarti “Second” atau “Second generation”.
Sandaime Hokage (Sarutobi) 三代目火影 (猿飛) : Sandaime barati “Third” atau “Third generation”.
Yondaime Hokage 四代目火影:
Yondaime berarti “Fourth” atau “Fourth generation”.
Godaime Hokage (Tsunade) 五代目火影 (綱手) :Godaime berarti “Fifth” atau “Fifth generation”. Berpola [nomor]daime Hokage dan seterusnya. Kita sekarang memiliki Godaime (五代目), setelahnya kita akan memiliki Rokudaime (六代目), lalu Nanadaime (七代目), Hachidaime (八代目), Kyuudaime atau Kudaime (九代目), Juudaime (十代目), dan selanjutnya.

Orochimaru 大蛇丸:
Orochi berarti “Great serpent” or “Great snake”. Ini juga merupakan mitos ular berkepala delapan. Maru adalah akhiran yang biasa digunakan untuk nama laki-laki. Ini berarti “Circle”, “Full” atau “Perfection”. Nama Orochimaru berasal dari ‘Jiraiya Goketsu Monogatari’ (児雷也豪傑物語) “The tale of the gallant Jiraiya”. Nama lengkap Orochimaru berarti “Great snake circle” yang bisa manjadi petunjuk untuk ouroboros -?-.

Sabaku no Gaara (Godaime Kazekage) 砂瀑の我愛羅(五代目風影):
“Sabaku no” berarti “Of the sandfall”, alias air terjun pasir -?-. Namun, bila ditulis sebagai 砂漠, ini berarti “Desert”. Manga yang memberikan arti sebenarnya dari nama “Gaara”. Yashamaru mendefinisikan sebagai 「我を愛する修羅」 “Self-loving Carnage”.
Ga (我) berarti “Oneself” atau “Ego”, Ai (愛) berarti “Love” dan Ra (羅) merupakan kanji terkahir dari kata 修羅 (Shura), yang berarti “A scene of carnage”. 羅 yang juga akhir dari kata Ashura (阿修羅). Ashura adalah ‘Fighting demon’.Jadi nama Gaara juga bisa diartikan sebagai “Self-loving Demon”. Dalam bahasa Cina 我愛X berarti “I love X”, jadi Gaara juga bisa berarti seperti “I love demons,” atau “I love Carnage”. Makna yang tepat dari 羅 adalah “Gauze” atau “Thin silk”.

Jiraiya 自来也:
Ji (自) berarti “Oneself”, Rai (来) berarti “Come”. Jirai bisa berarti “Coming on one’s own”. Ya (也) adalah akhiran yang biasa untuk nama laki-laki. Ini berarti “A sum of money” atau “To be” (klasik). Nama Jiraiya berasal dari ‘Jiraiya Goketsu Monogatari’ (児雷也豪傑物語) “The tale of the gallant Jiraiya”. Di cerita ini, namanya ditulis sebagai “児雷也” yang berarti “Young Thunder” yang mana berubah dari nama Garaiya (我来也, “I came”) dari cerita Cina, Kaishi (諧史).

Maito Gai マイト・ガイ:
Maito berasal dari “Might”, tapi juga bisa berasal dari kata Cina Maitou (埋头) berarti “Bury oneself in” “Immerse oneself in”. Kanji Jepangnya adalah 埋頭. Gai berasal dari “Guy”, tapi juga bisa berasal dari 蓋 berarti “Lid” atau “Cap”, tapi yang ini juga digunakan untuk mendeskripsikan cangkang kura-kura. Kata ini juga berasal dari Cina. Di dalam Second Data Book, nama Gai ditulis dalam huruf Romawi ‘Might Guy’, sementara, contoh, nama Kakashi tertulis “Kakashi Hatake”. Ini dapat menyatakan bahwa Might adalah nama ‘pemberian’ Gai. Bisa juga bahwa Might hanyalah sebuah panggilan, atau sesuatu semacamnya. Di catatan lucu: Maito bisa juga berarti “Love for dancing” (舞愛) dan Gai juga bisa berarti“Vicory Song” (凱) atau “A hundred trillion” (垓), yang paling cocok dengan Gai, kepribadian gay (bukan untuk homoseksuall! meskipun terkadang…) ^_^

Hyuuga Hinata 日向ヒナタ:
Hinata ditulis dalam kanji yang sama seperti Hyuuga (日向), jadi berarti sama: “Sunny place”. Ini berati namanya setelah klan, sangat pas bahwa dia pewaris Hiashi. Dimana, namanya ironis dan sedih, dan mungkin beban besar di bahunya.

Hyuuga Neji 日向ネジ:
Neji berarti “Screw” (螺子, 捩子, or 捻子). Mungkin ini mengacu pada the Kaiten. 螺 dalam 螺子 adalah kanji yang sama seperti kanji pertama pada Rasengan (螺旋丸).

Rock Lee (Rokku Rī) ロック・リー:
Rock berarti “Rock”. Lee mungkin berasal dari nama Bruce Lee, 李 , jadi berarti seperti “Plum”. Di Second Data Book, nama Lee ditulis dalam huruf Roman sebagai ‘Rock Lee’ sementara, contoh, nama Neji ditulis sebagai “Neji Hyuuga”. Ini dapat menunjukkan bahwa ‘Lee’ adalah nama keluarga Lee. Ini didukung bahwa pada kenyataannya Lee adalah nama keluarga Bruce Lee.

Aburame Shino 油女シノ:
Kemungkinan nama Shino berasal dari cerita Jepang ‘Hakkenden’. Di cerita ini ada samurai pengguna *hewan yg menggonggong* yang dipanggil Inuzuka Shino (犬塚信乃). Nama ini berarti “Of faith” atau “Of truth”. Shino juga bisa berarti “Bamboo grass” (篠), “Endure” (忍, kanji yang sama dengan “Shinobi”) dsb.

Tsunade (Godaime Hokage) 綱手(五代目火影):
Tsunade berarti “Mooring rope”. Namanya berasal dari ‘Jiraiya Goketsu Monogatari’ (児雷也豪傑物語) “The tale of the gallant Jiraiya”. Baik Tsunade dan Nawaki mempunya nama dengan ‘tali (?)’ di dalamnya.

Maaf kalau artinya kurang tepat dan membingungkan…
Hasil postingan diatas dialih bahasa kan dari http://www.narutoshippuuden.info/watch-anime/the-meanings-and-origins-of-the-names-of-naruto-characters.html (link sdh rusak)
dan juga sedikit variasi dari pengirim + bantuan dari teman pengirim yg ambil jurusan sastra.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 29, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: