RSS

jenis-jenis desa dan kota

13 Jan

JENIS JENIS DESA

1. Desa Terbelakang atau Desa Swadaya
Desa terbelakang adalah desa yang kekurangan sumber daya manusia atau tenaga kerja dan juga kekurangan dana sehingga tidak mampu memanfaatkan potensi yang ada di desanya. Biasanya desa terbelakang berada di wilayah yang terpencil jauh dari kota, taraf berkehidupan miskin dan tradisional serta tidak memiliki sarana dan prasaranan penunjang yang mencukupi.
2. Desa Sedang Berkembang atau Desa Swakarsa
Desa sedang berkembang adalah desa yang mulai menggunakan dan memanfaatkan potensi fisik dan nonfisik yang dimilikinya tetapi masih kekurangan sumber keuangan atau dana. Desa swakarsa belum banyak memiliki sarana dan prasarana desa yang biasanya terletak di daerah peralihan desa terpencil dan kota. Masyarakat pedesaan swakarsa masih sedikit yang berpendidikan tinggi dan tidak bermata pencaharian utama sebagai petani di pertanian saja serta banyak mengerjakan sesuatu secara gotong royong.
3. Desa Maju atau Desa Swasembada
Desa maju adalah desa yang berkecukupan dalam hal sdm / sumber daya manusia dan juga dalam hal dana modal sehingga sudah dapat memanfaatkan dan menggunakan segala potensi fisik dan non fisik desa secara maksimal. Kehidupan desa swasembada sudah mirip kota yang modern dengan pekerjaan mata pencarian yang beraneka ragam serta sarana dan prasarana yang cukup lengkap untuk menunjang kehidupan masyarakat pedesaan maju.

ENAM JENIS KOTA BERDASARKAN TAHAP PERKEMBANGAN

  1. KOTA EPOLIS: Sebuah kota yang berupa pusat dari daerah pertanian serta yang mempunyai adat-istiadat yang sederhana.
  2. KOTA POLIS: Tempat yang merupakan sebuah pusat keagamaan dan pemerintahan yang bentuknya berupa sebuah benteng yang kokoh dan di dalamnya terdapat tempat ibadah, pasar dan gilda (tempat menghasilkan barang).
  3. KOTA METROPOLIS: Sebuah kota yang mempunyai ciri wilayah kurang luas namun memiliki banyak penduduk yang terdiri dari orang-orang berbagai bangsa selain itu dicirikan adanya perkawinan campuran antar bangsa, menampilkan sisi kemegahan tetapi dari aspek sosial sangat kontras antara golongan kaya dan miskin.
  4. KOTA MEGAPOLIS: Sebuah kota dimana di dalam masyarakatnya muncul sebuah gejala patologis (penyakit sosial) yang sangat menonjol.
  5. KOTA TIRANOPOLIS: Sebuah kota dimana pemerintahan memiliki kekuasaan yang sangat kuat atau otoriter sehingga rakyat miskin akan cenderung berbuat maksiat (demoralisasi) karena tidak sanggup melawan kekuasaan penguasa.
  6. KOTA NEKROPOLIS: Sebuah kota yang mengalami kehancuran akibat peperangan penduduk dengan pemerintahnya.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 13, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: