RSS

Jenis-Jenis Sushi

17 Feb

Berkunjung ke suatu tempat rasanya tak lengkap bila tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Di Jepang, salah satu signature dish-nya adalah sushi. Walaupun di Indonesia sendiri restoran sushi sudah cukup banyak dan menjamur, namun perlu diperhatikan bahwa sushi yang dijual di Indonesia umumnya berbeda dengan sushi asli yang ada di Jepang. Hal ini tentu saja dikarenakan sushi yang ada di Indonesia umumnya disesuaikan dengan selera dan kultur kuliner Indonesia. Oleh arena itu, mari kita menilik lebih jauh mengenai sushi asli yang berasal dari Jepang.

Di Jepang umumnya ada 6 jenis sushi umum yang ada di Jepang:

1. Nigiri sushi

Sushi jenis ini adalah jenis sushi yang paling simpel. Umumya jenis sushi ini berupa nasi yang dikepal kemudian diberi ikan, sayur, daging atau berbagai macam lauk lain diatasnya.

2. Maki sushi

Sushi jenis ini adalah jenis sushi yang digulung. Di Indonesia, jenis sushi ini selalu dimodifikasi oleh para chefnya. Namun di Jepang, jenis sushi yang digulung ini umumnya tidak memiliki banyak varian dari segi isinya. Maki sushi ini digulung dengan nori atau lembaran rumput laut.

3. Chirashi sushi

Sushi jenis ini adalah sushi yang diletakkan di sebuah mangkok besar. Di dalam mangkok tersebut diisi nasi dan kemudian ikan, sayur, daging dan lauk pauk lainnya disusun di atas nasi tersebut. Agak tidak familiar ya? Sushi varian ini bahkan cukup jarang bisa ditemukan di restoran-restoran sushi yang ada di Jepang.

4. Oshi sushi

Sushi jenis ini adalah jenis sushi yang dipadatkan dan umumnya berbentuk kotak. Biasanya sushi ini dibentuk dengan menggunakan balok kayu persegi panjang dan kemudian balok tersebut diisi dengan nasi dan lauk pauk. Setelah itu sushi ini di-press dan kemudian dipotong-potong.

5. Nare sushi

Sushi ini merupakan jenis sushi yang yang bahan-bahannya difermentasikan. Tidak hanya lauknya, nasinya pun juga ikut difermentasikan.

6. Inari sushi

Sushi jenis ini merupakan jenis sushi yang dibungkus dengan kulit tahu. Inari sushi memiliki rasa yang agak manis karena kulit tahunya diproses terlebih dahulu sebelum diisi nasi.

Itulah keenam jenis sushi yang lazim dijumpai di Jepang. Sebenarnya ada banyak sekali varian di negeri Sakura, karena setiap daerah/area di Jepang memiliki sushi tersendiri. Sebagai contoh, sushi kakinoha yaitu sushi ikan kembung yang dibungkus dengan daun kesemek. Sushi populer ini berasal dari  daerah Nara-ken.

Demikianlah beberapa jenis sushi populer yang ada di Jepang. Pada posting berikutnya saya akan membahas mengenai tata cara dan kode etik dalam menikmati sushi. Sampai jumpa di posting berikutnya!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 17, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: