RSS

7 Tanda Kematian Yang Baik atau Khusnul Khotimah

21 Mei

7 Tanda Kematian Yang Baik atau Khusnul Khotimah

 

7 Tanda Kematian Yang Baik atauKhusnul Khotimah | Beberapa hari yang lalu blog berkah ini sudah memposting tentang 100 hari tanda-tanda menjelang kematian. Kali ini blog berkah akan membagikan apa yang pernah disampaikan seorang ustadz dalam ceramahnya tentang tanda-tanda kematian yang baik atau khusnul khotimah.

Tanda-tanda kematian yang baik yang ingin saya sampaikan di sini adalah tanda-tanda lahir atau fisik saja.
Apa saja 7 tanda kematian yang baik itu?
1. Keluar keringat  di dahi. Tanda ini dapat dilihat ketika jenazah baru saja meninggal dunia.

2. Keluar air mata. Tanda ini juga terlihat ketika jenazah baru saja meninggal dunia karena air mata tersebut akan kering akhirnya.

3. Terpejam matanya. Maksudnya, mata jenazah tersebut tertutup rapat dan tidak perlu ditutup oleh orang lain. Kadang – kadang kita lihat  ada jenazah yang tak bisa  ditutup rapat matanya.

4. Bibir tertutup rapat. Mulutnya tidak ternganga dan tidak ada lelehan air liur.

5. Terukir sedikit senyuman di wajah si mati. Bukan senyuman yang terlalu besar hingga sampai ke telinga tetapi terlihat manisnya muka si mati.

6. Muka cerah dan berseri. Mukanya tidak berubah dari segi bentuk dan warna. Ada kalanya kita mendengar kisah mayat yang berubah mukanya menjadi hitam atau terlihat seperti binatang.Na’uzubillah.

7. Badannya tidak mengeras meskipun sudah beberapa jam meninggal. Bila kita sentuh si mati, kita akan temukan seolah – olah jenazah baru saja meninggal. Sendi – sendinya mudah lentur dan enak untuk dimandikan.

Itulah dia 7 tanda kematian yang baik. InsyaAllah barang siapa yang mati dalam kondisi baik. Maka kehidupan di akhirat pun pasti baik. Semua tanda – tanda ini ada pada Rasulullah saat kewafatan Baginda.

Manusia sering kali terlena oleh kehidupan dunia sehingga melupakan masalah kematia.  Padahal kita tahu bahwa kematian adalah sesuatu yang paling pasti. Sudah siapkah kita?? Semoga kita kelak meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, bukan su’ul khotimah. Amiin…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 21, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: