RSS

Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Dengan Mudah

11 Des

Tips Trik Cara terbaru kali ini adalah gimana Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Dengan Mudah , karena demam korea tengah mewabah di indonesia,maka tips ini mungkin bisa membantu anda yang lagi mencari Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Dengan Mudah .Namun sebelum nya seperti biasa lihat artikel saya sebelum nya Trik Cara Untuk mempercepat loading Komputer

Berikut tips Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Dengan Mudah :

  • Niat dan Tekad, Mantap kan terlebih dulu niat dan tekad kamu untuk bisa mengusai bahasa korea. Jika sudah ada kemauan yang kuat, maka jalan selanjutnya akan terasa lebih mudah untuk menguasai bahasa korea.
  • Pelajari dulu cara mengucapkan kata dasar dalam bahasa korea , angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar bahasa korea seperti : aku, kamu, mereka, dia, disana, siapa, mengapa, dimana, cinta, apa kabar, baik, ucapan selamat dan sebagainya. Ini bisa kamu pelajari dari buku-buku belajar bahasa korea, tak harus yang mahal-maha. Lebih bagus lagi jika kamu bisa belajar di internet memanfaatkan mesin pencari google. Tujuan mempelajari kata-kata dan kalimat sederhana ini adalah untuk menumbuhkan minat sekaligus meningkatkan semangat kamu dalam belajar karena merasa bisa setelah belajar hal-hal yang mudah.
  • Bagian yang tidak kalah penting dari belajar sebuah bahasa adalah kosakata. kamu bisa memasang target harus menghafal berapa banyak kosakata baru bahasa korea dalam sehari. Kamu bisa memanfaatkan buku kamus bahasa korea maupun internet. Sebaiknya kamu menghafal bagaimana cara menuliskan kata tersebut, sekaligus cara mengucapkannya yang benar. Untuk mengetahui cara pengucapan yang benar dari suatu kata kamu bisa mendengarnya langsung dari internet, biasanya dari situs kamus bahasa, contohnya : http://www.translate.google.com Situs tersebut memang merupakan situs bahasa dunia yang memberi penjelasan juga dalam bahasa korea. Tapi bagi kamu yang pemula juga bisa memanfaatkannya untuk mendengarkan cara pengucapan nya dengan klik gambar yang berbentuk speaker setelah kamu memasukkan suatu kata kunci yang hendak dicari maknanya.
  • Pelajarilah tata bahasa korea (문법), baik ketika kamu sudah menguasai cukup banyak kata-kata bahasa korea maupun dilakukan secara bersamaan dengan menghapal kosakata. Kamu juga bisa memanfaatkan buku apa saja pada awalnya. Setelah kamu memiliki cukup bekal kosakata, atau sudah bisa memanfaatkan kamus dan mencari arti kata bahasa korea dengan cepat, maka janganlah segan-segan memiliki buku tata bahasa yang tebal-tebal dan bagus. Pelajari dengan teratur, rajin, dan berkesinambungan. Jangan takut jika ada sebagian tata bahasa yang membuat kamu bingung. Tidak masalah, yang penting hal-hal dasar mampu kamu kuasai seperti menyusun kalimat yang benar dalam konteks saat ini, masa lalu, masa yang akan datang, yang sudah terjadi, dan sebagainya. yang bisa kamu pelajari secara bertahap. Internet juga bisa kamu manfaatkan dalam belajar tata bahasa korea saat ini.
  • Banyak-banyak membaca artikel atau tulisan bahasa korea seperti dari internet, koran / majalah bahasa korea, buku-buku bahasa korea, dan masih banyak lainnya. Dengan bekal beberapa kosakata, dan tata bahasa dasar yang telah kamu kuasai, kamu diharapkan paling tidak sudah bisa mengerti tulisan bahasa korea. Walaupun cuma sepertiga atau sepersepuluh paragraf yang kamu tahu, tak masalah. Jangan takut ! Kamu masih dalam tahap belajar. Dengan membaca tulisan berbahasa korea, kamu malah akan bisa menambah kosakata kamu yakni dengan menandai kata yang tak dimengerti lalu mencari tahu artinya. Kamu juga akan dapat gambaran bagaimana tata bahasa korea atau cara menyusun kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat yang baik dalam bahasa korea dengan membaca tulisan-tulisan tersebut.
  • Untuk melatih pendengaran kamu mendengar bahasa korea, kamu bisa memanfaatkan nyanyian bahasa korea, dengarkan dan bandingkan dengan lirik lagunya yang bisa diperoleh dari internet. Atau bisa juga dengan menonton film-film drama korea tanpa memperhatikan atau dengan menghilangkan teks bahasa Indonesianya.
  • Latihan berbicara bahasa korea, baik secara langsung maupun secara mental. Belajar bahasa tanpa praktek memang akan susah. Carilah teman yang bisa kamu ajak berlatih bercakap-cakap dalam bahasa korea. kamu juga bisa berbicara pada diri kamu sendiri atau berpikir dengan menggunakan kalimat bahasa korea. Lebih baik lagi jika kamu sekali-kali berusaha berbicara atau berkenalan dengan orang asing yang berbahasa korea sehingga kamu bisa praktek apa yang telah dipelajari secara langsung.
  • Jangan pernah menyerah karena memang belajar bahasa butuh waktu. Tak ada orang yang bisa langsung seketika mahir berbahasa korea. Butuh proses yang bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk bisa ke tahap berkomunikasi memakai bahasa korea dengan baik. Maka mulailah dari sekarang sehingga lebih cepat kamu akan bisa menguasai bahasa korea nantinya.
  • Berani dan jangan malu ! Bahasa Korea bukan bahasa asli orang indonesia. Orang lain (korea) akan mengerti itu, akan paham, dan tak akan pernah mengejek kamu jika salah berucap. Perlu kamu ketahui banyak orang-orang yang tak bisa berbahasa korea dengan baik dan lancar tetap nekad pergi ke negara asing yang berbahasa korea, dan mereka nyaris sama sekali tak pernah diejek dengan kemampuan berbahasa yang pas-pasan. Malah pada akhirnya mereka dengan kesungguhan hati dan keberaniannya mampu berbahasa korea dengan benar.

 

Demikian lah Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Dengan Mudah ini saya post buat anda,semoga bisa membantu anda dan bermanfaat

Belajar bahasa Korea ternyata mudah

l안녕하세요 친구(annyeong haseo chingu = apa kabar teman)

gan, kita belajar bahasa Korea yuk? seperti potongan judul thread ini “Yang Niat Aja”, kenapa ane bilang begitu? soalnya thread ini terlalu banyak isinya, kalo cuma asal baca ga akan mungkin masuk ke otak
jadi kalo yang merasa ga niat, harap jangan dibaca.

repost? sepertinya begitu

bukannya ga cinta sama bahasa sendiri, tapi disini ane cuma mau mengajak kaskusers belajar bahasa asing, biar bisa sedikit ngerti gitu kalo nonton film drama korea
jujur aja ane dulu ga terlalu suka sama Korea, tapi semuanya berubah ketika negara api menyerang *eh tapi semuanya berubah setelah ane kenal dengan SNSD (a.k.a Girls Generation )

oke langsung aja. siapin buku sama pulpen!
dimulai dari perkenalan huruf ya ____

Tahapan pertama dalam belajar bahasa korea adalah hafal dan mengerti huruf abjad korea atau yang lebih di kenal dengan hangeul ( 한글 ), kemudian di ikuti cara menulis dan membacanya. Berikut huruf abjad korea yang harus kita hafal :

Konsonan :
1. ㄱ ==> G
2. ㄴ ==> N
3. ㄷ ==> D
4. ㄹ ==> R/L (PERLU DIPERHATIKAN! untuk huruf ” ㄹ “ bilamana berposisi di atas, maka pembacaanya sebagai huruf ” R” tetapi bilamana berposisi di bawah ( sebagai konsonan akhir atau badchim ) maka pembacaanya sebagai huruf ” L “ *contoh: 계실 겁니까? = gyesilkkeomnikka? = apakah anda akan tinggal?)

5. ㅁ ==> M
6. ㅂ ==> B
7. ㅅ ==> S
8. ㅇ ==> NG
9. ㅈ ==> J
10. ㅊ ==> CH
11. ㅋ ==> Q
12. ㅌ ==> TH
13. ㅍ ==> PH
14. ㅎ ==> H
15. ㄲ ==> K
16. ㄸ ==> T
17. ㅃ ==> P
18. ㅆ ==> SS
19. ㅉ ==> C

Catatan : Pembacaan badchim ( konsonan akhir ) pada huruf ㅅ, ㅈ, ㅊ, ㅌ, ㄷ, ㅆ, dan ㅉ akan di baca konsonan ” T/D “
Contoh :
맛 ==> badchim ㅅ di sini pembacaanya bukan sebagai ” S ” melainkan di baca sebagai ” T ” ==> Mat
맞 다 ==> badchim ㅈ pembacaanya sebagai ” T ” dan berbunyi ” Mat da ” bukan di baca sebagai ” Maj da “
Pembacaan Badchim ( konsonan akhir ) ” ㅂ ” pada pembacaan korea, akan di baca sebagai huruf konsonan ” M “
Contoh :
일 합니다 ==> badchim ㅂ di sini pembacaan sebagai ” M ” ==> il hamnida. bukan di baca sebagai ” B ” ( il habnida)
갑 니다 ==> badchim ㅂ di baca sebagai ” M ” ==> gamnida. Bukan sebagai gabnida

Vokal :
1. 아 ==> A : Anak
2. 야 ==> YA : Ya
3. 어 ==> Eo : Order, Cowok
4. 여 ==> Yoe : Yogyakarta
5. 오 ==> O : Go
6. 요 ==> Yo : Loyo
7. 우 ==> U : Untuk
8. 유 ==> YU : Sayur
9. 으 ==> EU : Enyah
10. 이 ==> I : Indah
11. 애 ==> AE : Elok
12. 얘 ==> YAE
13. 에 ==> E : Enak
14. 예 ==> YE
15. 외 ==> OI ==> WE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 이 )
16. 와 ==> OA ==> WA ( merupakan gabungan vokal 오 dan 아 )
17. 왜 ==> OAE ==> WAE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 애 )
18. 워 ==> UOE ==> WOE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 어 )
19. 웨 ==>UE ==> WE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 에 )
20. 위 ==> UI ==> WI ( merupakan gabungan vokal 우 dan 이 )
21. 의 ==> EUI ( merupakan gabungan vokal 으 dan 이 )

Untuk lebih mudah menghafal abjad korea dan pegucapannya, hendaknya kita memfokuskan pada huruf tunggal terlebih dahulu, baru di ikuti huruf ganda ( gabungan ). Pada pengucapan huruf ganda terbentuk berdasarkan bunyi huruf dasar yang melekat di dalamnya, contoh : 와 ==> oa ( wa ) kita harus terlebih dahulu tahu dan mengerti huruf 오 dan 아, bunyi yang di hasilkan tinggal mengikuti perpaduan bunyi dari keduanya.
Contoh lain pada vokal ganda: 아 ==> a, akan berbunyi ” Ya ” setelah ada tambahan garis “- ” ( 야 ) yang mengarah ke kanan, jadi garis tambahan tersebt bisa di artikan ” Y ” pada vokal. contoh pada vokal 오 ==> o, akan berbunyi ” Yo ” setelah di tambahkan garis yang mengarah ke atas ( 요 ). Dapat di simpulkan bahwa garis tambahan pada vokal berati ” Y “. Sekali lagi kesimpulan cara awal menghafal huruf abjad korea, terletak pada huruf tunggal, baik sebagai konsonan ataupun vokal.

ㄱ (g) + ㅏ (a) = 가 (ga)
ㄴ (n) + ㅑ (ya) = 냐 (nya)

untuk suku kata mati

ㅁ (m) + ㅗ (o) + ㄴ (n) = 몬 (mon)
ㅂ (b) + ㅜ (u) + ㅇ(ng) = 붕 (bung )

lalu huruf vokal tidak bisa berdiri sendiri, jadi harus selalu diikuti huruf konsonan.
misalnya huruf u (ㅜ) dalam kata uri (kami/kita)
tidak bisa ditulis ㅜ (u)리 (ri)
huruf ㅜ tidak bisa ditulis tanpa huruf konsonan
jadi harus ditambah dengan ㅇ (ng)

우 리 uri
아 빠 apa
엄 마 eomma

o (ng) menjadi tidak berbunyi bila di diukuti dengan huruf vokal.
o (ng) hanya berbunyi bila diletakkan di bawah.

misalnya

몽 (mong)
빵 (pang)
짱 (cang)
1. huruf hidup yang menyamping spt ㅏ a, ㅑ ya, ㅓ eo ,ㅕ yeo, l i, ㅐ ae, ㅒ yae, ㅔ ye, ㅖ yae disambung disamping
contoh 가 (ga), 비 (bi), 래 (rae)

2. huruf hidup yang kebawah ㅗ o ㅛ yo ㅜ u ㅠ you ㅡ eu disambung kebawah
contoh 모 (mo), 쓰 (seu) , 푸 (pu)

3. suku kata mati. misalnya dak, dong, mak….
huruf ketiganya disambung dibawah
dak 닥
dong 동
mak 막

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Diposkan oleh Derindi Anggraeni

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 11, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: